• 085725672254
  • admin@lokotheme.com

Mengenal Monetisasi Website Lokomedia Profesional

Dirangkum dari Wikipedia, istilah "monetization" atau monetisasi dapat diartikan secara informal sebagai menjadikan sesuatu menjadi berbayar dari yang sebelumnya dapat digunakan secara gratis (bebas), atau coba menghasilkan uang dari barang atau jasa yang sebelumnya tidak menguntungkan atau telah dianggap memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan. Jadi memonetisasi website berarti menjadikan suatu website untuk dapat menghasilkan keuntungan atau uang. Monetisasi yang jamak dan mudah dilakukan adalah dengan cara menyediakan kolom khusus di halaman web untuk dipasangi iklan, atau bisa disebut kolom iklan. Kolom tersebut biasanya disewakan dengan tarif tertentu berdasarkan lebar kolom maupun durasi tayang, bahkan untuk beberapa web dikenakan biayar per klik iklan (cost per clik/CPC) atau per seribu tayang (cost per mile/CPM). Selain dengan menyewakan kolom iklan Anda juga bisa memasangi iklan dari agen iklan, contoh yang terkenal adalah Google Adsense. Berikut ini adalah daftar peluang monetisasi web yang dapat Anda lakukan untuk website Lokomedia Profesional Anda:

  1. Pasang Iklan Banner
    Yang umum dan mudah dilakukan adalah dengan memasang iklan banner di website Anda. Banner jika dikehidupan nyata dapat dianalogikan seperti baliho atau spanduk, banner adalah suatu gambar yang berisikan informasi atau promo suatu produk. Yang perlu kami jelaskan disini adalah menyangkut penyedia, ukuran, lokasi, dan rate banner
    Penyedia: iklan banner dapat Anda dapatkan dari penyewa kolom (menghubungi Anda langsung), dari agen iklan misalnya Google Adsense, dan dari situs afiliasi (akan kami jelaskan kemudian)
    Ukuran: ukuran banner yang dapat dipasang ada bermacam-macam sesuai kebutuhan, seperti: 125x125px, 300x250px, 125x600px dan lain-lain
    Lokasi: penempatan banner juga dapat bervariasi tergantung keinginan, bisa diatas (header), disamping (sidebar), maupun di dalam atau tengah konten/isi website
    Rate: nilai yang didapatkan dari pemasangan banner tersebut yang ditetapkan oleh penyedia iklan, biasanya berdasarkan jumlah tayang, jumlah klik, dan negara asal pengunjung. Hingga saat ini rate yang tinggi jika Anda mendapatkan banyak trafic dari US dan Eropa, kalau dari Asia rata-rata rate-nya kecil.
  2. Pasang Iklan PopUp atau PopUnder
    Selain banner, website Lokomedia Profesional bisa dipasangi iklan jenis PopUp atau PopUnder. Metode kerja iklan ini adalah dengan memasang skrip kode iklan dari penyedia iklan di Website kita. Iklan bekerja saat pengunjung melakukan klik sembarang di halaman web Anda, misal saat klik menu atau gambar. Saat terjadi klik, akan tayang jendela browser baru diatas (untuk jenis PopUp) atau dibawah (untuk jenis PopUnder). Untuk besaran rate iklan penjelasannya sama dengan iklan banner, yaitu rate tinggi dengan visitor dari US.
  3. Pasang Iklan Link
    Pada monetisasi model ini secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Anda memasang link di website Anda, dan Anda akan dibayar oleh penyedia iklan berdasarkan jumlah klik pada link tersebut, walaupun mungkin tidak sesederhana itu. Contohnya adalah infolink, penyedia iklan ini menyediakan skrip code yang harus dipasang pada halaman website Anda, kemudian pada konten website Anda misal pada isi artikel ada beberapa kata yang berubah menjadi link iklan. Rate-nya juga sama dengan iklan banner dan PopUp PopUnder diatas.

Sebelum mengupas satu persatu model monetisasi diatas, sebelumnya sebaiknya Anda memulai dengan memiliki akun Paypal terlebih dahulu karena mayoritas model pembayaran komisi dari agen/penyedia iklan tersebut menggunakan Paypal. Jika Anda belum memiliki paypal, pada artikel berikutnya kami akan mengulas Cara Memiliki Akun Paypal Terverifikasi (Coming Soon)


Related